You are here
Home > Berita > JOSS BANGET MAS, DORONG INVESTASI DI KABUPATEN BLITAR

JOSS BANGET MAS, DORONG INVESTASI DI KABUPATEN BLITAR

Kesejahteraan masyarakat meningkat satu diantara indikatornya jika banyak investasi yang masuk  ke wilayah Kabupaten Blitar.  Berbagai terobosan dilakukan agar pihak investor menanamkan investasinya di wilayah ini. Salah satunya dengan pelayanan perijinan yang mudah, cepat, transparan, pasti, sederhana, profesional. DPMTSP Kabupaten Blitar menjawab itu semua dengan inovasi Joss Banget Mas (Jemput OSS Bersama Instansi Terkait Malam Hari Bisa). Inovasi pelayanan Joss Banget Mas ini merupakan bentuk pelayanan perizinan melalui  OSS dengan sistem jemput bola kepada pemohon izin usaha bersama instansi yang terkait dengan pelayanan perizinan OSS dan bisa dilaksanakan pada malam hari.

Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dalam sambutannya saat acara launching inovasi Joss  Banget Mas, di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Blitar, Selasa, 10 September 2019 menyampaikan, beberapa instansi telah melakukan perjanjian kerja sama (PKS) guna mendukung inovasi ini. Diantaranya, KPP Pratama Blitar, BPJS Ketenaga Kerjaan Blitar dan PT. Pos Indonesia Blitar. Harapannya,   Joss Banget Mas  mampu menciptakan komunikasi dan koordinasi yang baik antara pemerintah Kabupaten Blitar dan Instansi vertikal dalam mendukung implementasi sistem OSS (On line singgle submission) di Kabupaten Blitar, mempercepat dan mempermudah pelayanan perizinan berusaha melalui  penerapan sistem pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik (on line single submissionioss), meningkatkan investasi di Kabupaten Blitar, juga maningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar. Untuk diketahui bahwa, realisasi investasi di Kabupaten Blitar terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan investasi ini juga berimplikasi pada penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga menegaskan bahwa, inovasi ini  bentuk kesungguhan  dari DPMPTSP Kabupaten Blitar sebagai zona integrasi untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ini berbarengan dengan RSUD Ngudi Waluyo, Dispenduk Capil dan Kecamatan Wlingi. Diharapkan dukungan dari semua pihak sehingga predikat WBK dan WBBM dari Kemenpan RB pada Tahun 2019 ini bisa diraih.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar menyampaikan tentang  Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha. Pemerintah Kabupaten Blitar telah membentuk satgas percepatan berusaha. Keberadaan Satgas ini diharapkan dapat membantu dan mendorong pertumbuhan innvestasi di Kabupaten Blitar. Mengingat pula, kemudahan pelayanan perizinan berusaha pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah disempurnakan menjadi lebih efisien dan modern. Salah satunnya yang paling signifikan adalah penyediaan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik/on line singgle  submission (OSS).

Launching inovasi Joss Banget Mas ditandai dengan pemotongan tumpeng, penyiraman mobil dengan air kembang, dilanjutkan dengan penandatanganan dukungan dan diakhiri dengan penyerahan dokumen perijinan serta peninjauan ruang layanan oleh Bupati Blitar yang didampingi beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Top