You are here
Home > Berita > INOVASI TAMAN EDUKASI LALU LINTAS, DORONG PEMKAB.BLITAR RAIH WTN

INOVASI TAMAN EDUKASI LALU LINTAS, DORONG PEMKAB.BLITAR RAIH WTN

 

Pemerintah Kabupaten Blitar 4 kali secara berturut-turut mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan kali ini adalah WTN kategori Dengan Catatan. Ini sebagai bentuk  apresiasi pemerintah pusat ke pemerintah daerah atas kinerja mengelola transportasi dengan baik.  Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis saat menerima  penghargaan WTN di Plaza Poltek Pelayaran  Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan, pemberian penghargaan WTN ini dinilai dari beberapa hal. Diantarnya ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas, sarana prasarana transportasi, ketersediaan angkutan umum, sampai  inovasi dimiliki daerah tentang transportasi. Harapannya, kedepan prestasi ini tetap dipertahankan dan masyarakat tetap diminta untuk tertib berlalu lintas.

Semetara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, piala WTN ini utamanya dari faktor kedisiplinan masyarakat yang bagus mematuhi  aturan lalu lintas. Dengan kata lain, yang membuat Kabupaten Blitar mendapat WTN ini adalah inovasi dalam membuat Taman Edukasi Lalu Lintas di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Idaman Hati di Kecamatan Wlingi. tersebut Taman Edukasi Lalu Lintas tersebut berupa taman berisi rambu-rambu lalu lintas lengkap dengan lampu kedip dan lampu traffic. Ini sebagai sarana pembelajaran anak untuk mengetahui peraturan lalu lintas sejak dini. Toha Mashuri mengakui, kekurangan yang dimiliki saat ini adalah minimnya trayek angkutan umum. Saat ini trayek yang terdaftar pada Dinas Perhubungan  sekitar 18,  padahal dahulu di Kabupaten Blitar pernah tercatat ada 70 trayek angkutan umum. Terkait hal ini Dinas Perhubungan masih mencari jalan keluar agar trayek tetap beroperasi.

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, penghargaan WTN diberikan untuk mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah karena berhasil menata transportasi publik serta fasilitasnya. Dari 15 provinsi yang memperoleh penghargaan, Jatim menempati peringkat pertama. Prestasi ini harus disyukuri. Ini salah satu kebanggaan masyarakat Jatim. Semoga menjadi pendorong agar lebih bekerja dengan keras dan profesional. Juga  terus memperbaiki kinerjanya. Peningkatan layanan transportasi itu  sangat penting, karena kota-kota harus didukung dan didorong dengan perbaikan dalam layanan transportasi.

Untuk diketahui,  dalam rangka memperingati Hari Perhubungan  Tahun 2019, Menteri Perhubungan, Budi Karya  memberikan penghargaan  Wahana Tata Nugraha kepada 92 provinsi, kota serta kabupaten  yang terbagi menjadi tiga kategori. Kategori tersebut meliputi Piala WTN Wiratama,  Piala WTN Tanpa Catatan, Piala WTN Dengan Catatan. Penghargaan ini adalah upaya pembinaan bagi Kemenhub agar semua pihak itu memenuhi kriteria-kriteria yang diberikan. Ada yang sudah maksimal namun ada juga yang belum maksimal dan ini dipantau setiap 2 tahun sekali. Menhub menegaskan bahwa penghargaan WTN 2019 dapat menunjukkan peningkatan kinerja di setiap provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Provinsi dengan jumlah terbanyak mendapatkan piala WTN Wiratama terbanyak ialah Jawa Timur (Jatim) dengan total 38 piala. Masa pemilihan penghargaan WTN yang diselenggarakan dari 22-26 April lalu.

Top