You are here
Home > Berita > ALASAR, MENUJU DUKCAPIL GO DIGITAL

ALASAR, MENUJU DUKCAPIL GO DIGITAL

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar berupaya memberikan pelayanan yang praktis dan efektif terkait kepengurusan Akta Lahir yakni dengan  inovasi ALASAR atau yang disebut Akta Lahir Terbit Sebelum Sepasar. Untuk mempercepat dan mendekatkan layanan maka akhir tahun 2019 sudah di buka TLA (Tempat Layanan Adminduk) di wilayah barat tepatnya di Komplek Eks Kawedanan Srengat dan di wilayah Timur Eks Kawedanan Wlingi.

Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM saat sosialisasi inovasi Program ALASAR menyampaikan, ALASAR adalah satu cara untuk mempercepat, mempersingkat dan mendekatkan layanan penerbitan akta kelahiran. Mengingat KIA (Kartu Identitas Anak) menjadi target penuntasan pencatatan penduduk yang belum wajib KTP el. Maka KIA akan menjadi satu paket dengan terbitnya akta lahir dan perubahan KK. Sementara e SIAP terkait kepengurusan aadministrasi kependudukan. Bupati Blitar berharap program 3 in 1 (three in one) menjadi salah satu percepatan dan penuntasan adminduk di Kabupaten Blitar.

Disampaikan pula, progress penerbitan dokumen kependudukan baik yang tercakup  dalam penerbitan kutipan akta kelahiran  bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun sebanyak 314.620 jiwa sudah memiliki akta kelahiran sebanyak 87.01% atau 723.765 anak.  Harapannya, melalui sosialisasi  ini dapat memperkuat dalam memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan status hukum terhadap setiap peristiwa kependudukan dan atau peristiwa penting yang dialami penduduk. Juga serta mampu menjawab masalah administrasi kependudukan dalam menyediakan informasi yang benar dan akurat.

Untuk diketahui, kegiatan yang diselenggarakan di Kampung Coklat pada 25 September 2019 tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Propinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Blitar, Bidan Koordinator, Bidan Desa, Direktur rumah sakit dan rumah bersalin se Kabupaten Blitar.

Top