You are here
Home > Berita > DUKCAPIL GO DIGITAL, INOVASI PERMUDAH LAYANAN PUBLIK

DUKCAPIL GO DIGITAL, INOVASI PERMUDAH LAYANAN PUBLIK

Untuk menertibkan penduduk secara admnistrasi, seperti pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan Pemerintah Kabupaten Blitar melakukan terobosan dengan inovasi layanan bernasis digital. Ini demi mewujudkan kondisi kehidupan yang lebih layak khususnya di kabupaten ini.

Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM, saat acara sosialisasi kebijakan kependudukan bersama Direktorat Jendral Dukcapil, Kamis (26/9/2019) di Kampung Coklat menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah tercapainnya tertib administrasi, meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Blitar akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang valid dan alami, termasuk mengajak masyarakat Kabupaten blitar untuk mengurus adminduk secara Go-Digital.

Dijelaskan pula oleh Bupati Blitar, upaya percepatan dan mendekatkan layanan adminduk di Kabupaten Blitar dalam bentuk , AKAM akte kematian terbit sebelum pemakaman, AL ASAR akte kelahiran terbit sebelum sepasar, E SIAP layanan mandiri pengurusan adminduk lewat HP pemohon, ATM anjungan TUTUL Mandiri, TLA tempat layanan adminduk diwilayah barat dan wilayah timur.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan, kebijakan nasional dibidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sampai saat ini sudah dapat kita rasakan manfaatnya dalam berbagai hal seperti peningkatan efektifitas pelayanan kepada masyarakat meningkatkan kualitas demokrasi, mencegah kriminalitas, teroris, TKI ilegal, perdagangan ilegal serta pelayanan public lainnya. Untuk mewujudkan sebuah data kependudukan yang handal Kementrian Dalam Negeri mempunyai strategi penyempurnaan berkelanjutan. Ini untuk memberikan kepuasan bagi lembaga pengguna data kependudukan dan masyarakat khususnya Kabupaten Blitar. Terkait hal iniBupati blitar menyampaikan terimakasih dengan terobosan Dirjen Dukcapil yang mempunyai nilai positif terhadap layanan Adminduk di Kabupaten Blitar.

Untuk diketahui, Kebijakan Nasional untuk tahun 2016 sekarang telah keluar peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2016 tentang kartu identitas Anak (KIA). Pemeritah Kabupaten Blitar telah melaksanakan program ini dan telah mampu menyediakan keping Kartu Identitas Anak (KIA) melalui Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Blitar.

Top