You are here
Home > Berita > ANGGOTA KORPRI, BERKARYA MELAYANI DAN MENYATUKAN BANGSA

ANGGOTA KORPRI, BERKARYA MELAYANI DAN MENYATUKAN BANGSA

Mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil bukan pada proses. Hal ini mengemuka pada sambutan Presiden RI, Joko Widodo saat peringatan HUT KORPRI Ke-48 Tahun 2019 yang dibacakan oleh Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM, Jumat (29/11/2019) di Alun-alun Kanigoro, Blitar.

Disampaikan pula dalam smabutan tersebut bahwa, tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul tersampaikan, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan.

Korpri adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Untuk itu, seluruh Anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus dipangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi. Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Bahkan diminta eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan, sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat. Karena di era persaingan antarnegara yang semakin sengit seperti saat ini jika kita lambat, kita pasti tertinggal. Karena itu ukurannya adalah bukan lebih baik dari sebelumnya tapi lebih baik dari negara lain yang menjadi saingan kita.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono dalam laporannya sebelum pemotongan tumpeng di Pendopo Sasana Adhi Praja menyampaikan, KORPRI sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam menumbuhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas, dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara. Sesuai dengan tema HUT KORPRI ke-48, Berkarya Melayani Dan Menyatukan Bangsa, para anggota KORPRI diharapkan tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa. Tujuan peringatan hari ulang ke- 48 KORPRI Tahun 2019 bertujuan untuk: Mengajak anggota KORPRI di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik, Meningkatkan semangat profesionalitas seluruh PNS, Memantapkan fungsi organisasi KORPRI sebagai perekat pemersatu bangsa, Memantapkan netralitas seluruh anggota, Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan dalam bentuk kegiatan olahraga, bakti sosial, penghijauan, pembinaan mental/rohani, pertemuan ilmiah, kegiatan lomba, dll.

Untuk diketahui, peringatan hari KORPRI ke-48 di Lingkungan Pemerintah kabupaten Blitar juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55. Dalam kegiatan tersebut dicarakan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba  dibidang kesehatan. Antara lain kepada Nur Yuniarti Susana, SKM, Tenaga Kesehatan Lingkungan Tingkat nasional dari Puskesmas Srengat, drg.Hanik Triana dokter gigi teladan peringkat II Provinsi Jawa Timur dari Puskesmas Wlingi, Qurrotul Aini Azizah A.Md, Gz dari Puskesmas Selopuro, Ahli Teknik  Laboratorium Medik Teladan peringkat I Jawa Timur. Untuk desa/kelurahan SIMPATIK juara 1 adalah Kelurahan Beru, Lomba Pondok Pesantren Juara 1 Pondok

Pesantren Riyadus Samawi Kelurahan Satreyan Kecamatan Kanigoro, lomba ruang laktasi juara 1 Kecamatan Garum, kategori Puskesmas adalah Puskesmas Sutojayan dan kategori organisasi perangkat daerah juara 1 Dinas Peternakan dan Perikanan. Sementara kategori Rumah Sakit juara 1 adalah RSUD.Ngudi Waluyo Wlingi dan lomba videografi TBC juara 1 SMPN 2 Panggungrejo.

Peringatan HUT KORPRI ke-48 dan HKN ke-55 ini dirangkai dengan beberapa kegiatan diantaranya ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Wijaya, Kamis, 28 Nopember 2019 dengan Inspektur Upacara Drs. Mahadhin, CU, MM, Asisten Administrasi Umum. Juga pagelaran wayang urang Sriwedari yang digelar di play ground timur Alun-alun Kanigoro pada hari Rabu, 27 Nopember 2019. Selain itu kegiatan bhakti sosial dengan menggelar donor darah usai pelaksanaan upacara HUT KORPRI ke-48 dan HKN ke-55.  Dari hasil kegiatan bhakti sosial ini menghasilkan 26 kantong darah dengan rincian golongan darah A 4 kantong, golongan darah B 7 kantong, golongan darah AB 3 kantong dan golongan darah O sebanyak 12 kantong.

Hadir dalam kegiatan itu, wakil Bupati Blitar, Marhaenis, Anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Ketua dan anggota Dharma Wanita Persatuan dengan peserta Upacara  seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Top